FINISHING AFDRUK

Setelah proses afdruk selesai, langkah selanjutnya adalah menimbulkan gambar dari hasil afdrukan tersebut dengan cara membasahi atau menyiram dengan air. siraman air berguna untuk menghilangkan larutan emulsi yang tidak terpapar sinar ultra violet akibat tertutup oleh pola gambar di film / klise sehingga screen akan membentuk seperti gambar pola tadi dan selanjutnya dapat untuk merembes tinta ketika dikuaskan atau disapu dengan rakel.

Pada umumnya proses ini akan sangat tergantung pada jenis larutan emulsi yang dipakai serta kepekatan gambar dan proses pengafdrukan yang benar. jika ketika hal tadi sudah sempurna maka proses finishing ini akan mudah.
urutan-urutannya:
1. siram pada kedua sisi screen yang sudah di afdruk tadi lalu diamkan beberapa menit
2. setelah didiamkan siram kembali bagian dalam screen dan tahan biar airnya tidak tumpah sambil screen digoyang-goyang.
3. jika afdrukan berhasil gambar akan muncul selanjutnya lihat hasil afdrukan dengan cara arahkan screen ke sumber cahaya, bila ada yang masih tersumbat, biasanya pada gambar yang kecil semprot dengan menggunakan semprotan yang biasa dipakai untuk semprotan burung. semprot dengan lembut terlebih dahulu jika belum berhasil semprot agak keras, hati-hati dalam menyemprot ini lakukan semprotan dari arah dalam dan jika perlu dari arah luar tapi harus lebih hati-hati untuk semprotan dibagian luar ini karena biasaya bagia luar lebih meudah mengelupas lapisan afdrukannya. lakukan secara berulang sampai yakin hasil afdrukan sempurna.
4. setalah yakin hasil afdrukan sudah sempurna siram kembali screen dengan air pada bagian dalam dan luar dengan tujuan membersihkan sisa-sisa obat afdruk yang luntur supaya tidak menutupi pori-pori.
5. Keringkan dan selanjutnya lakukan tursir, khusus untuk sablon dengan tinta berbasis air setelah ditursir dan kering olesi dengan cairan penguat (catalist) dan keringkan kembali dengan panas matahari supaya hasil penguatan lebih sempurna.
Afdruk adalah proses kunci dalam cetak sablon, sebab jika afdruk kurang bagus, maka jangan berharap hasil sablonan akan sempurna karena itu bagi pemula jangan segan-segan berlatih afdruk dengan cara benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar