TEORI DASAR PROSES AFDRUK

Proses Afdruk 
adalah proses untuk memindahkan gambar dari film/klise ke screen atau plangkan dengan cara proses fotosentesis atau penyinaran pada screen yang telah dilapisi dengan larutan emulsi.
Larutan Emulsi
adalah larutan kimia yang peka terhadap sinar ultra violet. dimana akan terjadi proses pematangan jika terkena sinar ultra violet (lampu neon, sinar matahari dsb) sehingga menjadikan larutan tersebut tahan terhadap air.

Sistem Kerja Afdruk
Screen yang telah diolesi dengan larutan emulsi akan menjadi lapisan yang peka terhadap sinar ultra violet, sehingga apabila di atasnya diletakkan film/klise maka pada daerah yang hitam sinar ultra violet tidak akan tembus ke lapisan emulsi sehingga lapisan emulsi tersebut tidak terjadi pematangan atau dengan kata lain bila terkena atau disiram air akan luntur, sedangkan pada lapisan yang tidak terhalang oleh tinta akan terjadi proses sebaliknya yaitu pematangan lapisan emulsi akibat terkena  sinar ultra violet yang tidak terhalang oleh gambar di film/klise sehingga apabila disiram air maka tidak luntur. alhasil setelah proses penyinaran dengan waktu tertentu kemudian disiram air akan terbentuk pola gambar sesuai yang ada difilm,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar