Menentukan Lamanya Waktu Penyinaran pada Proses Afdruk

Hasil afdruk yang baik selain ditentukan dari film/klise dan proses pengafdrukan tapi juga ditentukan lamanya waktu penyinaran saat mengafdruk. Untuk menentukan  lamanya proses penyinaran perlu dipertimbangkan hal-hal berikut

  • Kepekatan film
  • larutan emulsi
  • ukuran kerapatan dan jenis screen
  • sumber cahaya khususnya bila menggunakan sumber cahaya matahari

Kepekatan film
Yang dimaksud kepekatan film adalah pada pola gambar yang berwarna gelap/hitam dan juga pada bidang transparan; apabila kepekatan gambar dengan perbandingan 100% artinya pada warna gelap dan transparannya sangat kontras sekali seperti menggunakan film dari plastik astralon atau hasil repro, maka penyinaran yang dilakukan lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan film yang dari kertas kalkir atau kertas hvs.

Larutan Emulsi
sebagaimana diketahui bahwa larutan emulsi atau obat afdruk terdiri dari dua bagian utama yaitu bagian yang berfungsi untuk menutup pori-pori dan bagian yang berfungsi untuk proses reaksi penyinaran (kalium). Perbandingan campuran kedua bagian obat tersebut akan menentukan lamanya waktu penyinaran. semakin banyak campuran bahan aktif atau sentisizer maka semakin singkat waktu yang dibutuhkan. untuk mendapatkan campuran yang pas baca postingan obat afdruk

Ukuran kerapatan dan jenis screen
Ukuran kerapatan screen mempunyai karateristik sendiri-sendiri, semakin besar ukuran nomor maka akan semakin cepat proses penyinarannya, sebab pada ukuran nomor kecil otomatis obat adruk yang diserap dalam screen tersebut jumlahnya lebih besar, sehingga waktu yang dibutuhkanpun lebih lama. Begitu juga dengan jenis warna kain screen juga memperangaruhi lamanya waktu penyinaran. Untuk creen dengan warna putih waktu penyinarannya lebih cepat bila dibandingkan dengan screen berwana lain.


Sumber Cahaya
Bila sumber cahya yang digunakan adalah cahaya alam (matahari) maka perlu diperhtikan waktu dan kondisi cuacanya. biasanya pada kondisi cuacar cerah pada waktu siang hari jam 12.00 proses penyinaran sangat singkat antara 15 detik - 30 detik, namun untuk waktu pagi dan sore proses penyinaran perlu lebih lama lagi antara 25 detik - 45 detik, demikian juga pada saat mendung waktu yang dibutuhkan lebih lama lagi antara 5 menit - 10 menit. Namun sekali lagi untuk menentukan waktu penyinaran dengan tepat hal-hal yang telah diuraikan diatas perlu jadi pertimbangan. Penyinaran menggunakan lampu neon lebih mudah untuk menentukan lamanya waktu penyinaran, sebab sumber dari lampu neon stabil dengan demikian bila sudah ditemukan lamanya waktu penyinaran, maka untuk seterusnya bisa dijadikan patokan.
Kesimpulannya adalah perlu dilakukan praktek langsung untuk menentukan lamanya waktu penyinaran yang tepat.

11 komentar:

  1. om, ak mw tanya..
    afdruk yg hrusnya ak lubangin sulit klo ak lubngin, udh pake semprotan, udah pke air hngat, tp ttep aj sulit,
    knpa ea?

    BalasHapus
  2. Kelamaan jemurnya, dikurangin lagi waktunya

    BalasHapus
  3. ane sering alami yang seperti mbah jenggot alami, cuma ada 2 kemungkinan pada saat penyinaran afdruk, emulsinya rontok semua pada saat di semprot ( gambar rusak) dan emulsinya susah di tembus semprotan. lama penyinaran emang harus di kondisikan.

    BalasHapus
  4. kalo emulsi rontok itu ada kesalahan dimana ya om ? udah coba berkali" tetep rontok . apa mungkin emulsinya yang abal-abal ? makasih

    BalasHapus
  5. kalo sreen rontok waktu di semprot itu kenapa ya master?

    BalasHapus
  6. kurang pas waktu penyinarannya sehingga membuat afdruk menjadi rontaok semua, termasuk gambar ikut rontok.
    klo kelebihan waktunya malah sangat sangat sulit untuk disemprot, tidak bolong. pengalaman guru paling berharga, teruslah bereksperimen.

    BalasHapus
  7. Kalo udh di sinari gak muncul gimana itu ya teman2

    BalasHapus
  8. Saya buat gambar yg tulisan agak tebal jadinya bagus dan rapih tapi kalu tulisan tipis malah rusak itu karna faktor apa ya?

    BalasHapus
  9. Kalauu diliat sebagian kegambar semuaa, dan ada sebagian diliat tulisannya kegambar tapi tapi gat terlalu jelas, pudar gitu
    Kenapa itu masterr.

    BalasHapus
  10. Bbrp bln ini saya abdrek kok keras di smprot lama lgi pai 30mnit,pdhl sbln nya lancar aja,APA obtnya yg bermslh ya?

    BalasHapus